translate

ramp my enterprenuer inspiration

Jumat, 26 November 2010

bagan manajemen produksi

BAGAN MANAJEMEN PRODUKSI


Keterangan :

Permintaan
Pada first step ditentukan jumlah permintaan dari history transaksi pada transaksi permintaan sebelumnya.
Agregat
Setelah diketahui tingkat permintaan selanjutnya Menentukan jumlah dan kapan produksi akan dilangsungkan dalam jangka waktu dekat .
MPS ( Master Production Schedulling )
Setelah hasil dari agregat diolah kembali waktu tiap produksi akan dilaksanakan dan diselesaikan.
MRP (Material Requirement Planning )
Perencanaan kemudian dilakukan dengan metode MRP untuk melaksanakan hasil MPS yang telah di planingkan.
CRP ( Capacity Requirements Planning ) :
Tahap selanjutnya membuat CRP untuk merealisasikan MPS di tiap periode dan tiap mesin. Jika kapasitas tidak tersedia, bisa ditambah dengan overtime, merubah routing,dll . Jika tidak tercapai, MPS harus dirubah .
Penjadwalan / sceduling
Setelah rencana kebutuhan tercapai , maka perencanaan scheduling dilakukan untuk memaksimalkan pelaksanaan agar lebih efektif dan terstruktur.

Penjelasan
Dikatahui bersama bahwa Material Requirement Planning (MRP) dapat didefinisikan sebagai suatu teknik atau set prosedur yang sistematis dalam penentuan kuantitas serta waktu dalam proses pengendalian kebutuhan bahan terhadap komponen-komponen permintaan yang saling bergantungan. namun tujuan MRP secara menyeluruh yaitu untuk menghasilkan informasi dan simulasi persediaan yang mampu digunakan untuk mendukungpelaksanaan produksi secara tepat dan terencana.
Dengan melihat bagan singkat diatas maka diketahui bahwa MRP dan CRP adalah salah satu bagan atau bagian terpenting dalam mengendalikan hasil terbaik yg diinginkan sesuai dengan perencanaan awal pada MPS sehingga sesuai dengan planning awal MPS yg ditargetkan.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "bagan manajemen produksi"

Posting Komentar