translate

ramp my enterprenuer inspiration

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 18 Maret 2011

s2 teknik industri

Program Studi Teknik Industri


Kesuksesan anda dalam menjalankan organisasi ataupun menjadi akademisi sangat tergantung pada kemampuan analitis dan manajerial yang anda miliki. Hakekat dari program Teknik Industri, yang memadukan disiplin manajemen dan keteknikan, adalah hal yang ideal untuk mengasah kemampuan anda dalam menapaki jenjang karir di sektor apapun anda bekerja, manufaktur maupun jasa, ataupun organisasi pemerintahan. Setelah lulus dari program ini, anda diharapkan menjadi manajer yang tangguh di perusahaan, menjadi konsultan yang berkualitas internasional, atau menjadi tenaga akademisi yang produktif di perguruan tinggi.

Jurusan Teknik Industri yang berada dalam naungan Fakultas Teknologi Industri (FTI) membuka program studi PascaSarjana S-2 Teknik Industri mulai tahun ajaran 1996/1997. Dari tahun ajaran 1996/1997 sampai dengan tahun ajaran 2004/2005, telah meluluskan 237 alumninya dari 755 mahasiswa yang ada. Jurusan Teknik Industri ITS adalah jurusan terpandang di Indonesia dan cukup diakui di dunia internasional. Dengan usia yang telah melewati 20 tahun, Jurusan Teknik Industri ITS telah menjadi salah satu program yang cukup produktif dalam menghasilkan lulusan maupun karya penelitian.

Didukung oleh 31 staf pengajar dengan kualifikasi: 1 orang Profesor, 7 orang Doktor,serta 23 Master. Sarana penunjang yang tersedia adalah sebagai berikut: Ruang Kuliah Full AC dan LCD, 6 Laboratorium, Ruang Diskusi, Ruang Baca dengan lebih dari 4000 bahan pustaka, jurnal ilmiah internasional, jurnal ilmiah nasional, termasuk sambungan Internet serta fasilitas lain.

Tujuan Pendidikan

Pendidikan Program Magister Teknik Industri bertujuan untuk membentuk sarjana yang memiliki pengetahuan dan kemampuan yang tinggi di dalam perencanaan, pengorganisasian sistem industri secara lebih luas dan kompleks. Kemampuan lain yang diinginkan dari keberadaan program ini adalah meningkatkan efektifitas dan efisiensi yang dilihat khususnya di sistem industri. Untuk itu maka seorang sarjana Teknik Industri mempunyai peran yang sangat kuat yang berhubungan dengan perancangan (design), perbaikan dan pengoperasian sistem produksi yang melibatkan manusia, material, mesin dan peralatan serta informasi dan energi secara integral.
Dalam memenuhi kemampuan diatas maka seorang sarjana Teknik Industri harus mendapat bekal yang kuat yang dapat memanfaatkan dan mengaplikasikan ilmu-ilmu sosial (khususnya ekonomi) dan ilmu keteknikan secara bersama-sama yang dapat dipakai untuk menganalisa, memprediksi serta melakukan evaluasi hasil yang akan dicapai oleh sistem industri secara optimal.

Bidang Keahlian

Program Studi Teknik Industri memiliki 3 bidang keahlian yang dapat dipilih mahasiswa sesuai bakat dan kemampuannya, antara lain:
1.
Manajemen Operasional

Memberikan kemampuan analitis dan manajerial dalam mengelola proses transformasi sumber daya menjadi produk atau jasa pada suatu organisasi dengan cara yang efektif dan efisien.
2.
Rekayasa Kualitas

Memberikan pengetahuan dan ketrampilan untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa melalui pemahaman terhadap standar, quality control , quality assurance , berbagai alat statistik untuk keperluan pengendalian dan peningkatan kualitas, serta implementasi konsep Total Quality Management, Six Sigma, dan perbaikan berkelanjutan.
3.
Rantai Pasok (Supply Chain)

Memberikan pengetahuan dan ketrampilan untuk mengelola aliran barang, informasi dan uang, bukan hanya dalam satu organisasi, tetapi dari hulu ke hilir dalam supply chain

Kegiatan Akademik

Program Studi S-2 Teknik Industri dilaksanakan dengan beban kredit total 40 sks dalam waktu normal 4 semester (2 tahun), namun mahasiswa yang berprestasi bisa menyelesaikannya dalam waktu 3 semester. Setiap mahasiswa harus menempuh kuliah wajib, kuliah pilihan, proposal tesis dan tesis sesuai dengan kurikulum.  Kalender akademik semester I dimulai awal September, sementara semester II dimulai awal Februari dan berakhir Juni.

Waktu Perkuliahan:
Reguler:

Senin-Jumat pukul 08.00-16.00
Petang:

Senin-Jumat pukul 06.30-22.00
Akhir Pekan:

Sabtu dan Minggu pukul 08.00-16.00


Sarana Penunjang

Peralatan laboratorium dan ruang laboratorium yang memadai adalah sangat diperlukan, baik untuk menunjang proses pembelajaran bagi mahasiswa, mendukung penelitian staf akademik, maupun memperkuat peran konsultasi terhadap industri.
  1. Laboratorium CIM
  2. Laboratorium Proses Manufaktur
  3. Laboratorium Ergonomi, Teknik Tata Cara dan Pengukuran Kerja
  4. Laboratorium Perancangan Fasilitas Kerja   
  5. Laboratorium Optimasi
  6. Laboratorium Sistem Informasi 
  7. Laboratorium Statistik dan Manajemen Keputusan 
  8. Studio Manajemen dan Sistem Industri
Untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran, hubungi:
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "s2 teknik industri"

Posting Komentar